https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/issue/feed JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis 2024-01-08T08:47:44+00:00 Diana lppmibmasmi@gmail.com Open Journal Systems <p>&nbsp;JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis is committed to publishing scholarly empirical and theoretical research articles,&nbsp;that have a high impact on the management field as a whole. The journal encourages new ideas or new perspectives on existing research. The journal covers such areas as:</p> <ul> <li class="show">Business strategy &amp; policy</li> <li class="show">Organizational theory</li> <li class="show">Organizational behavior</li> <li class="show">Human resource managementI</li> <li class="show">International business</li> <li class="show">Innovation and crtical management studies</li> <li class="show">Marketing management</li> <li class="show">Finance management</li> <li class="show">Organizational theory</li> <li class="show">Entrepreneurship</li> </ul> <p>&nbsp;JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis&nbsp;(JMB keywords:&nbsp;management, studies, journal, organisational, theory, behaviour, strategy, human, resources, development, applied, reviews, book, marketing, operations, corporate, economics, business, public, sector, methods, analysis, periodical, article, theory, review</p> <p>Review Issues&nbsp;are published biannually in March &nbsp;and September.&nbsp;These issues include widely read and widely cited collections of articles in the field of management and have become a major resource for management scholars. The Review Issues cover a broad range of topics from a wide range of academic disciplines, methodologies, and theoretical paradigms.</p> <p>The editor invites scientists, researchers, practitioners, and students to write knowledge development related to the field of management. Scripts can be written in Indonesian or English.</p> https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/561 ANALISIS DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA 2024-01-08T08:47:44+00:00 Dwi Novita Sari dwinovita@ibmasmi.ac.id Asmulyati Azhar dwinovita@ibmasmi.ac.id Hardianawati dwinovita@ibmasmi.ac.id Freddy J. Rumambi dwinovita@ibmasmi.ac.id <p>Minat berwirausaha mahasiswa merujuk pada keinginan atau hasrat mahasiswa untuk menjadi seorang wirausaha atau pengusaha mandiri. Minat ini mencakup ketertarikan untuk menciptakan, mengembangkan, dan mengelola bisnis sendiri atau menjadi pemilik usaha. Fenomena minat berwirausaha di kalangan mahasiswa memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor determinan yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Responden penelitian terdiri dari 205 mahasiswa program studi manajemen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 17 faktor determinan, di mana masing-masing faktor terdiri dari 2 butir pernyataan (positif dan negatif). Analisis data menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA), yaitu salah satu metode dalam statistik yang digunakan untuk mereduksi dimensi dari data multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahawa minat berwirausaha pada mahasiswa di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai factor yaitu pendidikan wirausaha, pengaruh lingkungan, faktor pribadi, perubahan sosial, dan dampak ekonomi. Semua faktor ini saling terkait dan berkontribusi pada perkembangan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Mendorong minat ini merupakan langkah penting dalam mempromosikan inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/540 DAMPAK LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN 2023-10-25T11:48:06+00:00 Freddy Johanis Rumambi freddyrumambi@ibmasmi.ac.id <p>Dalam beberapa dekade terakhir, masalah lingkungan telah menjadi isu global yang mendesak. Sementara itu, pendidikan sebagai salah satu pilar pembangunan berkelanjutan, masih sering kali terpinggirkan dalam diskusi keberlanjutan. Penelitian ini diarahkan untuk memahami bagaimana manajemen lingkungan berkelanjutan (MLB) dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak dari implementasi prinsip-prinsip MLB dalam institusi pendidikan, khususnya dalam konteks peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari berbagai hasil penelitian dan penelitian terdahulu yang relevan dengan isi penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi MLB di institusi pendidikan memiliki beberapa dampak positif termasuk peningkatan kesadaran lingkungan siswa, pengembangan keterampilan problem-solving, dan peningkatan kesejahteraan psikologis. Selain itu, institusi pendidikan dengan program MLB yang efektif menunjukkan peningkatan dalam kualitas pendidikan, diukur melalui performa akademik siswa, retensi, dan kepuasan.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/543 PREFERENSI BELANJA MASYARAKAT MENENGAH ATAS DARI PERSPEKTIF BELANJA ONLINE DAN OFFLINE BERDASARKAN KELOMPOK JENIS BELANJAAN 2023-10-25T11:48:06+00:00 Tetty Septina insistek.ibmasmi@gmail.com Mintarsih Mintarsih insistek.ibmasmi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi belanja masyarakat golongan menengah atas berdasarkan kelompok belanjaan yang terdiri dari belanja kebutuhan sehari-hari, <em>fashion</em>, elektronik, perabot dan perlengkapan rumah, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.&nbsp; Penelitian dibatasi hanya dalam lingkup kecil yang dapat mewakili populasi masyarakat menengah atas di Indonesia, yaitu di perumahan <em>The Royal Residence</em>, Jakarta Timur. Metode <em>sampling</em> yang digunakan adalah random bebas dengan jumlah sampel 222. Penelitian ini adalah deskriptif komparatif menggunakan pengujian dan analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji frekwensi, dan uji komparasi <em>one sample t-test</em>. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (i) preferensi belanja warga perumahan <em>The Royal Residence </em>untuk kebutuhan sehari-hari adalah <em>offline</em> dengan proporsi 87,8% berbanding <em>online</em> 12,2%, (ii) preferensi belanja untuk <em>fashion</em> adalah <em>offline</em> dengan proporsi 55,9% berbanding <em>online</em> 44,1%, (iii) preferensi belanja untuk perangkat elektronik adalah <em>offline </em>dengan proporsi 75,2% berbanding <em>online</em> 24,8%, dan (iv) preferensi belanja untuk perabot dan perlengkapan rumah adalah <em>offline</em> dengan proporsi 80,6% berbanding <em>online</em> 19,4%. Meskipun preferensi belanja <em>fashion</em> adalah <em>offline</em>, tetapi proporsi belanja <em>online-</em>nya cukup tinggi yaitu 44,1% berbanding 55,9% <em>offline</em>.&nbsp; Pada kelompok belanja <em>fashion</em> prioritas kepraktisan memperoleh frekwensi paling tinggi dibandingkan dengan kelompok belanja lainnya. &nbsp;Kesimpulan penelitian ini, masyarakat menengah atas lebih cenderung belanja secara <em>offline</em> untuk kebutuhan primer mereka yang berupa kebutuhan sehari-hari, <em>fashion</em>, elektronik, perabot dan perlengkapan rumah. Faktor-faktor yang dominan mempengaruhi preferensi belanja adalah kualitas produk, keragaman pilihan produk, kemudian harga.&nbsp; Kepraktisan, promo, unsur hiburan dan pertimbangan biaya tambahan menempati prioritas paling rendah.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/544 PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU BEKASI 2023-10-25T11:48:06+00:00 Amandatari Doyoshi amandatari0101@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi. Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi, dan pengaruh Disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linear berganda. Kesimpulan Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka didapatkan beberapa kesimpulan , Kepemimpinan dan Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi karena dapat dibuktikan dan hipotesis diterima. Kepemimpinan (X1) dan disiplin kerja (X2) mampu memberikan kontribusi yang sangat berpengaruh dan cukup kuat, positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Sehingga indikator-indikator yang berpengaruh terhadap Kepemimpinan yaitu kecerdasan, motivasi, dan sikap hubungan manusiawi harus dikembangkan dan terus diperhatikan guna menjaga kinerja selalu berada pada standar yang ditetapkan oleh instansi.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/545 ANALISIS RASIO KEUANGAN MODEL HORIZONTAL GRUP BUMN KARYA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2022 2023-10-25T11:48:06+00:00 Fabio Pablo pablofabios94@gmail.com Rudianto Rudianto pablofabios94@gmail.com Irwan Tanamas pablofabios94@gmail.com <p>Perkembangan dunia usaha dan perdagangan bebas saat ini semakin meningkat, pertumbuhan perusahaan yang pesat memaksa perusahaan untuk menempuh strategi bisnis yang berbeda dalam menghadapi persaingan dan setiap bisnis mencari cara untuk meningkatkan kinerja bisnis agar bisnis tetap hidup saat ini dan di masa depan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya merupakan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi terkuat di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dengan begitu peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan menganalisis rasio keuangan grup Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022, akan tetapi pada penelitian ini penulis menggunakan analisis model horizontal karena analisis horizontal adalah analisis persentase kenaikan ataupun penurunan yang terdapat di dalam berbagai akun-akun laporan keuangan yang komparatif, penulis juga memiliki tujuan dan batasan jelas yang ingin dicapai sehingga penulis menggunakan analisis 4 rasio yaitu <em>Current Asset Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover Ratio, </em>dan <em>Return On Equity</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknis analisis deskriptif kualitatif dan komparatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder sebanyak 20 data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan grup Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022 berdasarkan rata-rata <em>Current Asset Ratio </em>dikategorikan kurang sehat karna dibawah standar industri, dari perbandingan <em>current asset ratio </em>semua menunjukkan tren menurun, namun terjadi peningkatan yang begitu tajam dari PT. Waskita Karya (Persero) Tbk dari tahun 2020 menuju tahun 2021. Berdasarkan rata-rata <em>Debt to Equity Ratio </em>dikategorikan kurang sehat karena berada diatas standar industri. Berdasarkan rata-rata <em>Total Asset Turnover Ratio </em>menunjukan trend menurun dan dikategorikan kurang sehat karena dibawah standar industri. Berdasarkan rata-rata <em>Return On Equity Ratio </em>dikategorikan kurang sehat karena masih dibawah standar industri, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk tahun 2020 menunjukkan <em>Return On Equity </em>terendah.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/546 STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PT MEDIA PRODUK WINNING 2023-10-25T11:48:06+00:00 Vera Kurnia Anggraeni averakurnia24@gmail.com Mintarsih Mintarsih averakurnia24@gmail.com <p>Era baru digital marketing telah masuk ke dalam praktik kehidupan masyarakat modern. Pasar-pasar baru dan produsen-produsen baru telah tercipta dengan menggunakan internet. Pemanfaatan internet membuat jaringan masyarakat dunia tersatukan dalam apa yang disebut satu kampung global. Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan membantu.dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada. Penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing. Metode yang digunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara. Hasil bahwa pentingnya strategi yang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan yang semakin kompleks dengan memanfaatkan digital marketing yang menarik serta mudah dijangkau.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/548 ANALISIS MOTIVASI HEDONIC SHOPPING DAN NILAI HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PENGGUNA E-COMMERCE TIKTOK SHOP 2023-10-25T11:48:06+00:00 Hardianawati Hardianawati hardianawati@ibmasmi.ac.id Anis Khairinida hardianawati@ibmasmi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Hedonic Shopping &nbsp;dan Nilai Harga&nbsp; secara bersama-sama terhadap Minat Beli konsumen pengguna E-Commerce TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Institut Bisnis dan Multimedia asmi. &nbsp;Jumlah sampel menggunakan rumus Slovin di dapat 102 Teknik analsisi data menggunakan regresi linier berganda dengan alat analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS dan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa motivasi hedonic Shopping memiliki nilai sebear 0,904 yang berarti lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pengguna E-Commcerce TikTok Shop. Nilai Harga memiliki nilai sebesar 000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 yang bearati memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pengguna E-Commerce TikTok Shop. Motivasi dan Nilai Harga memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel Minat Beli sebesar 56,4%. Dengan kata lain&nbsp;&nbsp; bahwa masih terdapat faktor lain sebesar 43.6% yang turut berpengaruh terhadap variabel Minat Beli. Faktor-faktor seperti harga, kualitas dan manfaat produk dapat menjadi motivasi bagi responden untuk melakukan pembelian pada platform TikTok Shop.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/549 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI PT ANUGRAH JAYA TOOLS 2023-10-25T11:48:06+00:00 Francisca Lavender Nathania nathaniavianney123@gmail.com Freddy Johanis Rumambi nathaniavianney123@gmail.com <p>PT Anugrah Jaya Tools merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang mesin yang menjual mesin mesin bor. Dalam e-commerce, PT Anugrah Jaya Tools melakukan komunikasi terhadap para konsumen guna memberikan informasi terkait produk dan menjalin hubungan dengan konsumen secara langsung. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran online dalam meningkatkan jumlah konsumen dalam PT Anugrah Jaya Tools. Sesuai dengan rumusan masalah yang tertulis, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi serta juga untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam melakukan penjualan dalam media digital.&nbsp; Maka metode pengolahan data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif, oleh karena itu pengolahan data kedalam bentuk kalimat yang baik dan efektif supaya dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Dari penelitian ini, menghasilkan bahwa penerapan pengukuran dan pengakuan pendapatan pada PT Anugrah Jaya Tools sudah sesuai. Dalam pencatatan komunikasi untuk mengakui pendapatan telah diakui dengan jelas dan sesuai dengan transaksi yang terjadi atas aktivitas perusahaan.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/550 PENGUKURAN FRAUD BERBASIS MANAJEMEN LABA DENGAN METODE BENEISH M-SCORE PADA PT PERTAMINA DAN PT PLN 2023-10-25T11:48:06+00:00 Novita Anis Hidayati anisa3190076@gmail.com Uyung Sutan Indomo anisa3190076@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah telah terjadi tindakan kecurangan atau tidak pada penyusunan laporan keuangan pada PT Pertamina dan PT PLN. Laporan keuangan diperlukan sebagai sumber pengambilan keputusan para pengguna laporan keuangan tersebut. Pemilik perusahaan, investor, kreditor, pemerintah dan masyarakat luas dapat mengerti bagaimana proses kegiatan operasional yang terjadi pada perusahaan berdasarkan laporan keuangan yang ada. Jika laporan keuangan menunjukkan adanya kecurangan, maka laporan keuangan tersebut tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya sedang terjadi serta dapat menjerumuskan proses pengambilan keputusan kepada hal hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode <em>Beneish M-Score</em> sebagai alat perhitungan dalam pendeteksian kecurangan laporan keuangan. Obyek dalam penelitian ini PT Pertamina dan PT PLN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantatif, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang didasarkan pada hasil perhitungan kuantitatif yang telah dilakukan. Hasil analisa kecurangan laporan keuangan pada PT Pertamina dan PT PLN telah sesuai dengan landasan teori, serta lebih baik dari penelitian terdahulu karena penelitian ini menekankan pada adanya proses manajemen laba perusahaan yang menjadi pemicu terjadinya kecurangan laporan keuangan.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/551 ANALISIS EKSPOR GARMEN PADA PT X KE BRAND Y 2023-10-25T11:48:07+00:00 Mardi Siswoyo mardisiswoyooo@gmail.com Febriani Ramadhini mardisiswoyooo@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi adanya peningkatan kinerja ekspor industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Indonesia pada periode 1986 – 1997. Kinerja ekspor industri TPT Indonesia terus meningkat dan menjadikannya sebagai industri yang cukup strategis, dan sekaligus sebagai andalan penghasil devisa negara sektor non-migas. Industri Tekstil dan Pakaian (TPT) jadi merupakan salah satu industri yang menjadi penyumbang utama pada sektor industri pengolahan karena peranannya dalam: memperoleh devisa ekspor, menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar, dan memenuhi kebutuhan pasar domestik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran kegiatan ekspor garment yang dilakukan oleh PT X ke Brand Y, mengetahui dan menganalisis proses ekspor garment PT X ke Brand Y, mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi oleh PT X dalam&nbsp; kegiatan ekspor garment ke Brand Y. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode triangulasi. Metode triangulasi sumber data yaitu disusun dalam bentuk tabel hasil triangulasi sumber data serta metode triangulasi teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Gambaran kegiatan ekspor garment yang dilakukan oleh PT X ke Brand Y memproduksi jenis produk pakaian seperti shirt, dress, blouse, skirt, knitted dan lainnya serta salah satu negara tujuan ekspor yaitu negara Netherlands. Kegiatan ekspor garment yang dilakukan oleh PT X ke Brand Y antara lain tahapan penerimaan order, tahapan produksi, tahapan pengiriman serta tahapan pembayaran.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/552 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BERKAH LAUNDRY 2023-10-25T11:48:07+00:00 Hardianawati Hardianawati hardianawati@ibmasmi.ac.id <p>Berkah Laundry adalah usaha yang bergeral dalam bidang jasa laundy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Berkah Laundry di Harapan Baru Bekasi. &nbsp;Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan yang pernah datang dan terlibat dalam kepuasan pelanggan Berkah Laundry Harapan Baru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dengan kriteria tertentu dengan menggunakan metode Incidental Sampling Penelitian ini menggunakan data primer yang pengumpulan datanya menggunakan kuisioner dan wawancara.. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis kuantitatif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif secara parsial antara kualitas pelayanan, harda dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Berkah Laundry Harapan Baru. Secara simultasn dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan ditemukan hasil perhitungan statistik yaitu 96,036 dengan signifikan sebesar 0,000 &lt;0,05. Hal ini berarti bahwa secara Bersama-sama kualitas pelayanan, harga dan lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Berkah Laundry Harapan Baru Bekasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji t dan uji F menunjukan bahwa kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam uji koefisien determinasi didapatkan hasil data sebesar 86,2% yang dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga dan lokasi, sedangkan sisanya sebesar 13,8% dapat dijelaskan oleh pengaruh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/553 IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA TAHUNAN UNTUK EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PELAYANAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA 2023-10-25T11:48:07+00:00 Saul M.J. Lumentah saullumentah@gmail.com <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Organisasi gereja, Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) yang dipahami disatu sisi sebagai persekutuan orang percaya tapi juga disisi lain dipahami juga sebagai suatu lembaga atau institusi. Sebagai suatu lembaga atau istitusi tentunya gereja harus ditata secara baik untuk menjadi suatu gereja yang tertib dan teratur demi tercapainya visi dan misi organisasi gereja. Sebagai gereja yang adalah tempat persekutuan umat Allah yang di tempatkan Tuhan didunia untuk diutus melaksanakan pekerjaan apostulat yaitu memberitakan injil kerajaan Allah kepada dunia dan segalah mahluk (Matius 28:19-20) melalui perwujudan persekutuan yang didirikan diatas kasih. Pelayanan yang diberikan berdasarkan kasih dan kesaksian yang diberitakan berdasarkan kasih, yang pelaksanaan dapat dibedakan, tetapi tidak dapat dipisahkan satu sama lain kerena ketiga aspek ini mencerminkan peri kehidupan Yesus Kristus sang Kepala Gereja. Adapun tujuan utama dalam penelitian ini adalah; Untuk mengetahui implementasi program kerja tahunan; Untuk mengetahui efektivitas pelayanan majelis gereja; Untuk mengetahui pertumbuhan iman jemaat</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/554 MENGUKUR KINERJA MELALUI MOTIVASI DAN BEBAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. CENTRAL PANGAN PERTIWI 2023-10-25T11:48:07+00:00 Teti Teti tetty0023@gmail.com Marisi Pakpahan tetty0023@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi di PT Central Pangan Pertiwi. Motivasi diukur dengan balas jasa, kondisi kerja, fasilitas kerja, dan pengakuan dari atasan, beban kerja diukur dengan kondisi pekerjaan, penggunaan waktu kerja, dan target yang harus dicapai, sedangkan kinerja karyawan diukur dengan kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas, dan tanggung jawab. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 92 responden, dimana responden adalah karyawan bagian produksi<span style="text-decoration: line-through;">.</span> Metode analisis data adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis statistik deskriptif, uji korelasi, koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji regresi linier sederhana ,uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan beban kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan, yang telah dibuktikan dengan nilai persamaan regresi linier, nilai koefisien korelasi, dan nilai koefisien determinasi, menunjukan hubungan yang kuat dan positif. uji t dan uji F menunjukan hubungan yang signifikan antara variabel motivasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan. Diharapkan pimpinan lebih sering memberikan apresiasi terhadap karyawan sehingga karyawan lebih termotivasi. Serta ada beberapa karyawan yang merasa target penyelesaian tugas belum cukup, sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk mengkaji kembali waktu yang dibutuhkan karyawan dalam menyelesaikan&nbsp;tugas-tugasnya.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/555 ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PETERNAKAN AYAM PETELUR DALAM SKALA KECIL 2023-10-25T11:48:07+00:00 Muhammad Maulana nnddtjok@gmail.com Hardianawati Hardianawati nnddtjok@gmail.com <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gabungan jenis metode kualitatif pada aspek pemasaran dan lingkungan lalu metode kuantitatif pada aspek keuangan. Metode penelitian kualitatif adalah suatu proses wawancara mengenai pemahaman suatu hal untuk mendapatkan data, informasi, teks pandangan-pandangan responden yang menggunakan beragam metodologi dalam suatu masalah. Metode kuantitatif adalah pengambilan data berdasarkan data-data perhitungan angka yang dikumpulkan lalu dijumlahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi serta respon saat penelitian berlangsung dengan apa yang ada dilapangan. Metode penulisan ini menggunakan metode wawancara terpusat dengan memperoleh informasi dengan cara-cara tanya jawab secara tatap muka atau online antara peneliti (sebagai pewawancara dengan atau tidak menggunakan pedoman wawancara) dengan subjek yang diteliti dan menggunakan observasi atau pengamatan langsung dengan melihat situasi kandang, pemasaran dan keuangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan aspek pemasaran melihat pasar kondisi permintaan yang stabil dan terus meningkat tiap tahun karena adanya strategi penjualan telur sehingga bisnis ini layak untuk dijalankan selama 3 tahun. (2) berdasarkan aspek keuangan terlihat dari tahun 2020-2023 meningkat walaupun jumlah ayam berkurang karena biaya pembelian bibit tidak dihitung pada 2021, sedangkan tahun 2023 terjadi penambahan bibit sehingga dapat dilihat keuntungan pun bertambah dari tahun 2020-2021. (3) berdasarkan aspek lingkungan sangat kondusif, terjaga kebersihannya dan kesehatannya, jadi tidak ada problem pada lingkungan karena sudah diantisipasi oleh pihak peternakan sehingga layak untuk dijalankan. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa aspek pemasaran, keuangan dan lingkungan pada analisis kelayakan bisnis peternakan ayam petelur dalam skala kecil layak untuk dijalankan karena sudah memenuhi semua aspek yang dilakukan.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JMBA/article/view/556 PENGARUH IDLE TIME TERHADAP KINERJA PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETIKEMAS DI TERMINAL PETIKEMAS SELATAN TERMINAL OPERATION II PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK 2023-10-25T11:48:07+00:00 Rifai Setiawan rifaisetiawan@gmail.com Mintarsih Mintarsih rifaisetiawan@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh <em>Idle Time </em>Terhadap Kinerja Produktivitas Box Crane Hour Petikemas Di Terminal Petikemas Selatan <em>Terminal Operation</em> II PT. Pelabuhan Tanjung Priok. &nbsp;Indikator variabel produktivitas bongkar muat (BCH) yaitu produktivitas bongkar muat kapal, kesiapan alat, sumber daya manusia dan teknologi. Sedangkan indikator variable <em>Idle Time</em> waktu yang tidak efektif yaitu Waktu yang tidak digunakan untuk operasional. Peneliti menggunakan metode analisis kuantitatif dalam mencari hubungan atau pengaruh BCH dan <em>Idle Time</em> di Terminal Petikemas Selatan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari <em>Key Performance Indicator</em> Cabang Terminal Operasi Pada Tahun 2015-2017. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode penentu ( ),dan analisis uji signifikasi (uji t) dengan jumlah data sebanyak 36 data untuk masing-masing variable pada tahun 2015-2017. Hasil analisis ini peneliti diperoleh hasil Y&nbsp; = 11,8 + 0.51&nbsp; X, dengan nilai korelasi = 0.732 menunjukkan hubungan yang kuat antara BCH dan <em>Berthing Time</em>, nilai koefisien penentu = 0.00532 = KP = 53%, hasil uji t, t hitung =9,245 &gt;t tabel = 2.0322 Produktivitas bongkar muat petikemas dipengaruhi oleh berapa lama Idle Time yang terjadi. Kesimpulan penilitian ini, terdapat hubungan <em>negative</em> kuat antara dengan BCH (Box Crane Per Hour. Pihak manajemen terminal diharapkan melakukan evaluasi rutin terhadap peralatan bongkar muat dan sumber daya manusia yang terkait dalam oprasional bongkar muat agar tercipta pelayanan yang maksimal dan pencapaian target yang optimal.</p> 2023-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis
https://ejournal.unperba.ac.id/pages/uploads/sv388/ https://ejournal.unperba.ac.id/pages/uploads/ladangtoto/ https://poltekkespangkalpinang.ac.id/public/assets/scatter-hitam/ https://poltekkespangkalpinang.ac.id/public/assets/blog/sv388/ https://poltekkespangkalpinang.ac.id/public/uploads/depo-5k/ https://smpn9prob.sch.id/content/luckybet89/