ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BUS CARTER WISATA PT. HIBA UTAMA JAKARTA

  • Dwi Haryanto Institut Bisnis dan Multimedia asmi
  • Indria Sukma Sektiyaningsih Institut Bisnis dan Multimedia asmi
Keywords: Kualitas Pelayanan Jasa dan Kepercayaan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Hiba Utama Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di PT. Hiba Utama Jakarta, Teknik sampel yang digunakan sistem acak dengan skala kecil, pengambilan sampel sebanyak 50 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji validasi, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis persamaan regresi linier berganda, uji t dan uji F. Nilai persamaan regresi linier berganda dan nilai koefisien korelasi berganda, serta Hasil uji F menunjukan hubungan sangat kuat kemudian  berpengaruh positif seta memiliki kontribusi yang besar antara kualitas pelayanan jasa, kepercayaan dan kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan jasa dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Hiba Utama Jakarta.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Azis, Asriel. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Pengguna Jasa Pengiriman Paket PT. Pos Indonesia (Persero).
Danang, Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Goetsch dan Davis. 1994. dalam Nasution (2005), Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management , Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip. 2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.
Lovelock, C, dan John Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Masyhuri dan M. Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Meliana. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pengguna Layanan Bus Rosalia Indah). Vol.12 No 2B. Purworejo: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Mowen, M.M. dan Hansen, D.R. 2011. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Nanang, Tasunar. 2006, Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Morodemak, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No. 1 Mei 2006, h. 41-62.
Prahardikatama, Hendia. 2013. Hubungan Kepercayaan Konsumen terhadap Niat Beli Secara Online di Tokobagus.Com Wilayah Kota Bandung. Bandung: Universitas Widyatama.
Prasaranphanich. 2011. Perilaku Konsumen dan Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Universitas Atma jaya Yogyakarta.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rangkuti, Freddy. 2002, Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2004, Riset Pemasaran. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stanton, William, J. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, 2006, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Surabaya. Jurnal Kinerja, Volume 10, No. 1, Tahun 2006, Hal. 50-56.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsuddin, S., & Istiyono, E. (2018, September). The effectiveness of mathematics learning through contextual teaching and learning approach in Junior High School. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2014, No. 1, p. 020085). AIP Publishing LLC.
Syamsuddin, S., & Setiawati, F. A. (2018, December). The influence of problem solving ability, emotional intelligence and formative tests on learning outcomes of mathematics. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 803-808).
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi ke dua. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran, Edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Utami, M. A. P., & Syamsuddin, S. (2020). PERUBAHAN PERILAKU NOMOPHOBIA MELALUI PENDEKATAN INTERAKSI SOSIAL: SINGLE CASE RESEARCH (SCR). Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 133-140.
Published
2021-04-13
Section
Articles