ANALISIS FUNGSI DAN PERATURAN ADMINISTRASI PADA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN, ORGANISASI DAN TATA LAKSANA PENGADILAN NEGERI JAKARTA TIMUR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

  • Oktariani` Galuh Anjani Institut Bisnis dan Multimedia asmi
Keywords: Fungsi Administrasi, Peraturan Administrasi, Kepegawaian, Pengambilan Keputusan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui relevansi fungsi dan peraturan administrasi pada Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam pengambilan keputusan. Fungsi dan peraturan administrasi pada suatu organisasi harus benar-benar dilaksanakan dan ditaati dengan baik agar tujuan organisasi dapat tercapai serta dapat mencegah terjadinya tindak penyimpangan. Penelitan ini dilakukan di Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian berdasarkan data dan fakta yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara mendalam. Pemilihan sumber data juga menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam melakukan penelitian ini. Pertimbangan tersebut misalnya orang yang dianggap tahu tentang penilitian yang sedang diteliti. Dalam hal ini informan-informan yang menjadi sumber data penelitian adalah Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Jakarta Timur beserta para pegawai yang bekerja di Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran fungsi dan peraturan administrasi yang terdapat pada Sub Bag. Kepegawaian dan Ortala sudah sangat jelas pembagian fungsi pada masing-masing pegawai, serta peraturan-peraturannya juga sudah berlandaskan hukum yang berlaku. SOP dari setiap hal yang harus dikerjakan juga sudah dimuat lengkap dalam satu buku panduan SOP khusus untuk Sub Bag. Kepegawaian dan Ortala. Disamping itu, relevansi fungsi dan peraturan administrasi pada Sub Bag. Kepegawaian dan Ortala menjadi pedoman dalam menentukan arah kebijakan maupun pengambilan keputusan.

References

Daryanto, H.M. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. 2009. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 008-A/SEK/SK/I/2012 Tentang Aturan Perilaku Pegawai Mahkamah Agung Republik Indonesia.
Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI No: 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Olayiwola, Abdur-Rahman Olalekan. 2013. Leadership, Corruption and Governance in Nigeria, Europian Journal of Business and Social Sciences, Vol.2, No.9, PP 1-19. hal 12.
Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di cawahnya.
Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di bawahnya.
PP No. 15 Tahun 2019Tentang Kenaikan Gaji Berkala.
PP No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Pertimbangan Kepegawaian.
PP No. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Pongtiku, Arry (Dr., dr., MHM.) dan Robby Kayame (Dr., SKM., MKes.). 2019. Metode Penelitian Tradisi Kualitatif. Bogor: In Media.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Saryono dan Anggraeni. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Nuha Medika.
Siagian. Sondang P. 2008. Filsafat Administrasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soewarno, Handayaningrat. 2002. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, S., & Istiyono, E. (2018, September). The effectiveness of mathematics learning through contextual teaching and learning approach in Junior High School. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2014, No. 1, p. 020085). AIP Publishing LLC.
Syamsuddin, S., & Setiawati, F. A. (2018, December). The influence of problem solving ability, emotional intelligence and formative tests on learning outcomes of mathematics. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 803-808).
Utami, M. A. P., & Syamsuddin, S. (2020). PERUBAHAN PERILAKU NOMOPHOBIA MELALUI PENDEKATAN INTERAKSI SOSIAL: SINGLE CASE RESEARCH (SCR). Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 133-140.
http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1415747 (diakses tanggal 12 April 2020)
https://bawas.mahkamahagung.go.id/bawas_doc/doc/perma_ortala_fix.pdf (diakses tanggal 15 April 2020)
https://pn-jakartatimur.go.id/baru/tentang-pengadilan/profil-pengadilan/sejarah-pengadilan.html (diakses tanggal 15 April 2020)
https://pn-jakartatimur.go.id/baru/tentang-pengadilan/tugas-pokok-dan-fungsi.html (diakses tanggal 15 April 2020)
Yud. 2018. KY: OTT Aparat Pengadilan Jadi Fenomena. https://www.beritasatu.com/satu/482922-ky-ott-aparat-pengadilan-jadi-fenomena.html (diakses tanggal 10 April 2020)
Published
2021-04-13
Section
Articles