Pengaruh Pass Rate Terhadap Laba Perusahaan pada PT Astra Daihatsu Motor

Authors

  • Nur Wahid Institut Bisnis dan Multimedia asmi
  • Medi Purnomo Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Keywords:

pass, pass rate, rework cost, laba

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT astra Daihatsu Motor yang berlokasi di JL. Gaya Motor Barat No. III Sunter Jakarta Utara. PT Astra Daihatsu Motor adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industry otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pass Rate terhadap pencapaian Laba yang diperoleh perusahan. Pass Rate adalah tingkat pencapaian zero defect dalam suatu produksi yang dinyatakan dalam bentuk persen (%). Pass Rate yang tidak mencapai 100% mengakibatkan perusahaan mengeluarkan rework cost untuk melakukan melakukan perbaikan kualitas terhadap unit defect, sehingga akan memperbesar biaya produksi dan berdampak pada perolehan Laba perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan biaya produksi dan laporan laba rugi selama periode 2013-2017. Setelah melakukan uji hipotesis didapatkan hasil bahwa Pass Rate berpengaruh positif terhadap Laba dengan persamaan regresi Y = 239,731 + 12,336X. Hal tersebut menunjukkan setiap penambahan 1% tingkat Pass Rate (X), maka Laba (Y) akan meningkat sebesar 12,349. Perusahaan sebaiknya fokus pada upaya perbaikan kualitas produksi untuk meningkatkan pencapaian Pass Rate, sehingga biaya atas unit yang tidak memenuhi satndar kualitas dapat diminimalisir dan Laba perusahaan akan meningkat.

References

Arikunto, S. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik”, Rineka Cipta, Jakarta, 2013.
Basiroh, S. (2017). Analisa Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Perusahaan Pada PT Gudang Garam Tbk dan PT Hm Sampoerna TBK Tahun 2013-2017. JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 1-7.
Carter, William K. “Akuntansi Biaya”, Edisi 14, Salemba Empat, Jakarta, 2013
Mulyadi, “Akuntansi Biaya”, edisi kelima, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2014.
Regianto, Purnama D. “Pengaruh Harga Pokok Produksi Terhadap Laba Kotor Pada PT. Gudang Garam, Tbk”, Journal, Universitas Siliwangi, 2013.
Rengganis, Esa, "Analisa Biaya Rework Sebagai Dasar Perbaikan Kualitas Proses Produksi (Studi Kasus Pada CV. GIG)", Jurnal Angkasa, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta, 2013.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D”, Alfabeta, Bandung, 2012.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D”, cetakan ke 23, Alfabeta, Bandung, 2016.
Tampubolon, Manahan P. “Manajemen Operasi & Rantai Pemasok (Operation and Supply-chain Management)”, (edisi pertama), Jakarta: Mitra Wacana Media, Jakarta, 2014.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Pemasaran Strategik”, Andi, Yogyakarta, 2012.
Tomahayu, “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Terhadap Laba Kotor Pada Usaha Peternakan Ayam CV. Kharis di Kota Bitung”, E-Journal Universitas Sam Ratulangi, 2014.
Utari, Dewi, dkk. “Manajemen Keuangan : Kajian Praktik dan Teori dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan”, Mitra Wacana Media, Jakarta, 2014.

Downloads

Published

2020-07-06