Strategi penanganan impor jasa freight forwarding pada pt. eurotrans logistik Indonesia di Jakarta

Authors

  • Amrin Soamole Institut Bisnis dan Multimedia asmi
  • Tri Yulianti Handayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanganan impor jasa freight forwarding pada pt. eurotrans logistik Indonesia di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan melakukan studi kasus di PT. Eurotrans Logistik Indonesia. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif, yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT ini yang akan digunakan peneliti untuk menentukan, Strengths (Kekuatan),Weakness (Kelemahan),Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman) di PT. Eurotrans Logistik Indonesia.  Berdasarkan hasil analisis SWOT maka strategi yang perlu di terapkan Penanganan Impor Jasa Freight Forwarding Pada PT Eurotrans Logistik Indonesia Di Jakarta Tahun 2016 adalah dengan menggunakan strategi pertumbuhan yang meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Hal ini didasari oleh faktor – faktor berikut : Berdasarkan hasil diagram SWOT-4K, selisih skor IFAS sebesar 1,42 dan selisih skor EFAS sebesar 0,39, maka posisi PT. Eurotrans Logistik Indonesia berada pada kuadran I. Posisi pada kuadran I menunjukan bahwa strategi yang harus di terapkan pada kondisi ini adalah tumbuh dan membangun. Strategi yang intensif untuk ini adalah penestrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Berdasarkan Matriks SWOT yang di dasarkan pada hasil diagram SWOT-4K dimana posisi PT. Eurotrans Logistik Indonesia yang berada pada kuadran I diapit oleh sumbu Kekuatan (Strength) dan Peluang (Opportunity) maka strategi yang digunakan untuk Penanganan Impor Jasa Freight Forwarding Pada PT Eurotrans Logistik Indonesia Di Jakarta Tahun 2016 adalah Strategi SO (Strength Opportunity).

References

Abbas Salim, Manajemen Transportasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2016

Amin Widjaja Tunggal, “Manajemen Logistik dan Supply Chain Management (Manajemen Rantai Pasokan)”, Jakarta Harvarindo, 2009.

David, Fred R. “Strategic Management Manajemen Strategi Konsep”, Edisi 12 Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Eryus, Manajemen Strategi Transportasi Dan Logistik, Tiara Warna Prinindo, Jakarta, 2011

Freddy Rangkuti, “Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT” Cetakan Keduapuluh Tiga, Jakarta, Agustus, 2016.

HARDIANAWATI, Hardianawati. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Transjakarta Busway Koridor 2 Pada Pemda Dki Jakarta. JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2015, 1.1: 20-40.

NDUA, Pius Antonius. ANALISIS HUBUNGAN DAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS DOSEN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPPAKNYA TERHADAP PERILAKU PURNA PENGGUNAAN JASA DI LINGKUNGAN KAMPUS UNGU. JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2015, 1.1.

Sedarmayanti, Manajemen Strategi, PT. Refika Aditama, Bandung, 2014

Sulistyani, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2009.

SUWONDO, Chandra; ASMI, Pengajar PPs Magister Manajemen IBM. Penerapan budaya kerja unggulan 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, dan shitsuke) di Indonesia. Jurnal magister manajemen, 2012, 1.1: 29-48.

Suyono R. P. M.Mar. “SHIPPING, Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut”, Edisi 4, PPM 2003, Jakarta, 2007.

Wheelen, Thomas L., Hunger, J. David, “Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability”, Twelfth Edition. Pearson, 2010.

Published

2016-03-15

Issue

Section

Articles