Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan kepuasan kerja, terhadap kinerja karyawan pt. adhimix precast indonesia

Authors

  • Julaika Jalal Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Keywords:

kepemimpinan, motivasi, kepuasan kerja, kinerja karyawan, pt. adhimix precast indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis sejauh mana hubungan dan pengaruh kepemimpinan, motivasi dan Kepuasan kerja terhadap Kinerja karyawan PT Adhimix Precast Indonesia Jakarta. Data yang dipergunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan data sekunder yang dikumpulkan melalui sumber-sumber dokumentasi dan kepustakaan. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan statistik seperti korelasi Pearson, analisis regresi, dan uji hipotesis masing-masing variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Kepuasan Kerja secara simultan terhadap Kinerja positif dan signifikan, dan dengan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini memberikan arti bahwa jika nilai Kepemimpinan, Motivasi, dan Kepuasan Kerja sama-sama naik sebesar satu satuan, maka nilai kinerja akan naik juga, sedangkan kontribusi menjelaskan sebesar 16.2% dengan model persamaan matematis regresi linier yang signifikan adalah : Y = 29,011 – 0,116 X? + 0,299 X? + 0,141 X3. Yang artinya jika nilai variabel X1, X2, X3 sama dengan nol (X = 0) maka nilai variabel Y adalah sebesar 29.011. Jika variabel X1 tidak ditingkatkan maka akan mengurangi nilai variabel Y sebesar 0,116. Jika variabel X2 dtingkatkan sebesar satu poin maka akan meningkatkan nilai Y sebesar 0,292. Jika variabel X3 ditingkatkan satu poin maka akan meningkatkan nialai Y sebesar 0,141. Hasil analisis korelasi berganda antar variabel sebagaimana disajikan di atas menunjukkan korelasi positif dengan kategori hubungan Sedang dan signifikan antara Kepemimpinan, Motivasi, dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja dengan nilai r = 0,534 atau 53,4 %. Signifikansi koefisien korelasi pada tingkat ? = 0,05 (5%) dengan uji ANOVA Sig = 0,001 < ? = 0,05 ditolak maka ada pengaruh yang signifikan antara variabel X1, X2, X3 terhadap Y, dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 < ? = 0,05 maka signifikan dan H0 tolak. Hal ini menunjukkan bahwa antara kepemimpinan dan motivasi, dan kepuasan kerja dengan kinerja terdapat hubungan yang kuat dan positif atau searah dan signifikan atau nyata secara statistik.

References

Achmad S. Ruky (3001). Sistem Manajemen Kinerja: Panduan Praktis untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Amstrong, Michael dan Angela Baron (1998). Performance Management: The New Realities. London: Fakenhan.
Anwar Mangkunegara (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kelima, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Arikunto, Suharsimi (199). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rikena Cipta.
Bernardin, H. John dan Joyce E.A Russel (2001). Human Resource Management. Mc Grow Hill Inc. Singapore.
Brocka, Bruce, and M. Suzanne Brocka (1992). Quality Management: Implementing the Behavior as of Master. Illinois: Irwin.
Byars, Lloyd L. And Leslie W. Rue (1984). Human Resource and Personnel Management. Homewood Illinois: Richard D. Irwin, Inc.
Davis, Keith and John. W. Newstrom (2001). Organiational Behavior: Human Behavior at Work. 10th Edition. McGraw-Hill Co. USA
Forsyth, Patrick (2006). How to Motivate People, (The Sunday Times, creating success. Second Edition, London, kogan Page.
Ghosali, Imam (2001). Aplikasi Multavariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegorao.
Handoko. Hani T (2000). Manajemen Personaila dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Liberty
Hasibuan , Malayu, SP (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV. Haji Mas Agung
Hersey, Paul and Blanchard, H. Kenneth (2003). Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. 10th Edition. Prentice Hall Ivacenvich, John M, and Matteson, Michael T. Organizational Behavior and Management. Chicago: Irwin.
Manullang. M (2000). Management Personalia. Jkarta . Ghalia. Indonesia
Martoyo, Susilo. SH (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, BPFE
McClelland, David C. John W. Atkinson, Russel A. Clark, Edgar L. Lowed (1976). The Achievement Motive. New York, Irvington.
Nanus, Burt dan Bennis, Warren (2001). Kepemimpinan: Strategi dalam Mengemban Tanggung Jawab. Diterjemahkan oleh Victor Purba. Cet. Ke-2. Jakarta: Erlangga.
Pakpahan, M., & Mukti, F. R. (2016). Pengukuran Kinerja Melalui Peningkatan Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi. JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).
Penerbit Salemba Infotek.
Peteson dan Plowman (1999). Human Resources Management. Third Edition. Boston, USA: Houghton Miffin Co.
Prawirosentono (2000). Kebijakan Menilai Kinerja Karyawan. Edisi Kedua, Cetakan kedua, BPFE, Yogyakarta.
Rivai, Veithzal dan Basri, A.F.M (2005). Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
Robbins, P. Stephen (2007). Organizational Behavior. 10th Edition. Prentice Hall. Pearson Education International.
Rue and Byars, Leslie Wand Lloyd, L. Byars (2000). Management: Skill and Application. Ninth Edition. McGraw-Hill Co. USA
Sekaran, Uma (2006). Research Methods For Business (Penelitian untuk Bisnis) Buku ke-1, Cetakan ke-enam, Jakarta, Salemba Empat
Shobarudin. PT. Cipta Multi Usaha.
Stanislaus S. Uyanto (2009). Pedoman Analisis data dengan SPSS. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Stoner, James F., Edward R. Freeman and Daniel R. Gilbert, Jr. (1998) Management. 7th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke-empat, Kualitatif dan R & D, Bandung, ALFABETA
T.V. Rao (1996). Penilaian Prestasi Kerja Teori dan Praktik. Alih Bahasa: PT. Pustaka Binaman Pressindo dan LPPM Jakarta.
Uchyana, Onong, Effendi (1986). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Penerbit Alumni, 1986
Umar, Husein (2005). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Werther, William B., Jr., and Keith Davis (1986). Human Resources and Personnel Management. New York: Mc. Graw-Hill, 1996
Wexley, Kenneth N. And Gary A Yuki (1998). Organizational Behaviour and Personal Psycology. Alih Bahasa: Muh
Yamin, Sofyan dan Heri Kurniawan (2009). SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Lengkap dengan Software SPSS. Jakarta:
Yukl, Gary (2000). Leadership in Organizations. Seventh Edition. Prentice Hall International.

Published

2016-09-13